Sabtu, 09 April 2011

kalender hijriyah ato kalender islam

sebelumnya saya sebutin dulu nama - nama kalender hijriyah :
1. Muharram
2. Safar
3. Rabiul awal
4. Rabiul akhir
5. Jumadil awal
6. Jumadil akhir
7. Rajab
8. Sya’ban
9. Ramadhan
10. Syawal
11. Dzulkaidah
12. Dzulhijjah


kalender hijriyah atau yg biasa org kenal dengan kalender islam. Hijriyah sendiri berasal dari b. arab yg artinya "perpindahan".
kalender hijriyah berawal ketika Nabi Muhammad SAW melakukan hijrah atau pindah dari Makkah ke Madinah yg saat itu masih bernama kota Yastrib, tepatnya pada tahun 622 masehi. Namun belum resmi digunakan saat itu juga. Kalender hijriyah baru resmi digunakan pada masa pemerintahan Khalifah Umar Ibn Khattab atas usulan Ali Ibn Abi THalib (sepupu skaligus menantu Nabi Muhammad SAW) dan ditetapkan bahwa 1 hijriyah bertepatan pada saat Nabi Muhammad SAW hijrah (seperti yg disebutkan di atas) dan keputusan ini ditetapkan oleh Khalifan Umar Ibn Khattab setelah bermusyawarah dengan para sahabat Nabi lainnya.

Perbedaan antara kalender hijriyah dengan masehi, selain awal penetapannya, juga terletak pada cara penanggalannya. Masehi didasarkan pada matahari (syamsiyah), sedangkan hijriyah didasarkan pada lunar/bulan (qomariyah). jumlah harinya pun dlam setahun juga berbeda, masehi = 365 atau 366 hari dan hijriyah = 354 hari atau lebih cepat 11 hari dari kalender masehi. 1 hal lagi yg berbeda, bahwa dalam kalender hijriyah tidak pernah ada tgl 31.

sebenarnya cara penanggalan berdasarkan lunar atau bulan telah digunakan bangsa arab sebelum Nabi Muhammad namun masih berubah2 dan disesuaikan dengan kalender masehi. bahkan sempat tercetus ide dari salah satu kabilah arab dengan adanya bulan ke- 13 setiap 19 tahun sekali. namun hal itu terjadi karena banyaknya yg menentang dari kabilah2 lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar